Jumat, 13 Oktober 2023

Mengenal Ayam Pegar Emas - Ayam Seharga 30 Juta

Ayam Pegar Emas mungkin belum banyak dikenal oleh masyarakat umum, tetapi jenis ayam ini memiliki harga yang mencengangkan. Dengan penampilan yang megah dan keturunan kerajaan, Ayam Pegar telah menjadi status simbol dan kebanggaan bagi para pecinta ayam hias di seluruh dunia. Artikel ini akan membahas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang Ayam Pegar, termasuk sejarahnya, ciri khas, dan mengapa harganya bisa mencapai 30 juta.

ayam pegas emas siam

Ciri-ciri Ayam Pegar Emas Siam

Ayam pegar emas siam ini dinamai  Siamese Fireback, jika dibuat dalam bahasa Indonesia menjadi burung punggung api siam, juga dikenal sebagai burung punggung api Diard , adalah burung pegar yang cukup besar, panjangnya kira-kira 80 cm. Jantan mempunyai bulu berwarna abu - abu dengan daging wajah yang luas , tungkai dan kaki berwarna merah tua, bulu jambul hitam hias, iris mata coklat kemerahan dan ekor panjang melengkung kehitaman. Betinanya berupa burung berwarna coklat dengan sayap dan bulu ekor berwarna kehitaman.

Klasifikasi Ilmiah Ayam Pegas Emas

  • Domain: Eukaryota
  • Kingdom:Animalia
  • Phylum:    Chordata
  • Class: Aves
  • Order: Galliformes
  • Family:    Phasianidae
  • Genus:     Lophura
  • Species: Lophura diardi
ayam pegar emas

Ayam hias pegar emas siam tersebar di hutan dataran rendah dan hijau di Kamboja, Laos, Thailand dan Vietnam di Asia Tenggara . Spesies ini juga ditetapkan sebagai burung nasional Thailand. Betina biasanya bertelur antara empat dan delapan telur kemerahan. Nama ilmiahnya memperingati naturalis Prancis Pierre-M├ędard Diard .

Harga yang Mencapai 30 Juta

Ketika kita berbicara tentang Ayam Pegar Emas Siam, yang paling mengejutkan adalah harganya. Ayam Pegar adalah salah satu ayam hias termahal di dunia, dengan harga yang bisa mencapai 30 juta atau bahkan lebih. Mengapa begitu mahal? Hal ini terkait dengan kelangkaan jenis ini, proses pemeliharaan yang rumit, serta status simbolis yang melekat padanya. Ayam Pegar adalah lambang kemewahan dan prestise, dan banyak kolektor ayam hias bersedia membayar harga mahal untuk memiliki satu.

Membeli dan Merawat Ayam Pegar

Jika Anda tertarik untuk memiliki Ayam Pegar, perlu mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, pastikan Anda membeli dari peternak yang terpercaya dan memiliki izin resmi. Selain itu, persiapkan fasilitas pemeliharaan yang sesuai, termasuk kandang yang luas, makanan berkualitas, dan perawatan khusus. Merawat Ayam Pegar adalah tanggung jawab yang besar, tetapi bagi pecinta ayam hias, keindahan dan kebanggaan yang diberikan oleh Ayam Pegar mungkin sepadan dengan harganya.
Di Indonesia, ayam pegar merupakan salah satu jenis ayam hias yang harganya mencapai Rp 30 juta per pasang. Karena harganya mahal dan pembesaran di luar habitat, sehingga dikembangkbiakkan daam penangkaran. Salah satu tempat pembudidayaan bulu ayam pegar siam (lophura diardi) ada di penangkaran Ayam Hias Jatim, Ngawi, Jawa Timur. Menurut peternak penjualan ayam tersebut mencapai 20-30 pasang per bulan. Ayam hias itu dipasarkan ke berbagai kota dengan harga Rp 4,5 juta hingga Rp 30 juta per pasang.


Penutup

Ayam Pegar adalah salah satu ayam hias paling istimewa di dunia dengan sejarah yang kaya dan penampilan yang megah. Meskipun harganya mencengangkan, bagi sebagian orang, memiliki Ayam Pegar adalah investasi dalam keindahan dan status simbolis. Jadi, jika Anda tertarik dengan keajaiban Ayam Pegar, ingatlah bahwa keindahan datang dengan harga yang sesuai.




Admin