Kamis, 08 Juni 2023

Tips Resep Ayam Goreng McDonald

McDonald merupakan salah satu waralaba yang cukup populer dengan menu burger. Selain itu, ayam goreng juga menjadi salah satu menu favorit, terutama bagi masyarakat Indonesia. Sehingga tak sedikit yang penasaran dengan cara membuat ayam goreng ala restoran cepat saji asal Amerika tersebut.
Resep ayam goreng ala McD pun dapat dengan mudah kita temukan di media sosial hingga internet. Kendati tak satu orang pun yang bisa benar-benar membuat ayam goreng mirip seperti yang mereka makan di McD.

Sebenarnya, resep ayam goreng ini sudah disebarluaskan melalui highlight story Instagram @mcdonaldsid. Restoran tersebut membagikan langsung resep hingga tips membuat ayam goreng ala mereka. Simak rangkuman di bawah ini.

1. Buat adonan tepung cair

 


Proses persiapan dimulai dengan membuat adonan cair. Kamu perlu menyiapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, soda kue, lada, garam. Kemudian masukan satu butir kuning telur serta cairkan adonan dengan air, dan aduk hingga merata.

2. Buat adonan tepung kering

 

Selanjutnya, siapkan di mangkuk lain tepung terigu, tepung maizena, baking soda, kaldu bubuk, bubuk bawang putih, dan garam, lalu sisihkan.

3. Buat marinasi ayam

 


Tak kalah penting, adalah proses marinasi ayam sebelum nanti dimasukkan ke adonan tepung cari dan kering. Untuk memarinasi ayam kamu perlu menyiapkan lada, garam, dan bubuk bawang putih. Kemudian balurkan ke seluruh bagian ayam.

BUTUH MESIN MARINASI UNTUK PROSES KARKAS AYAM JUMLAH BESAR ?

BACA JUGA:



4. Proses penepungan ayam goreng

Ayam yang sudah dimarinasi tadi sekarang bisa kamu mulai untuk balurkan dalam adonan tepung. Saat proses ini kamu juga perlu menyiapkan satu mangkuk air dingin dengan suhu 1-4 derajat celsius.

penepungan ayam goreng

  • Mula-mula masukkan ayam yang sudah dimarinasi ke dalam adonan tepung basah.
  • Kemudian masukkan ke dalam tepung kering sambil memijat-mijat perlahan daging ayam agar seluruh bagian tertutup adonan tepung.
  • Selanjutnya, siapkan mangkuk yang sudah berisi air dingin dan masukkan ayam yang sudah ditepungi tadi ke dalam air dingin selama 4 detik.
  • Lalu, masukkan kembali ke adonan kering, dan kembalikan ke air dingin selama 2 detik.
  • Barulah terakhir masukkan ke tepung kering.
  • Untuk menepiskan tepung kering pada proses terakhir, gunakanlah punggung kedua tangan kamu lalu lakukan gerakan seperti menepuk-nepuk. Cara ini bisa membuat tepung ayam krispi.


5. Menggoreng Metode Deep Fry dengan suhu yang tepat

Tips terakhir, adalah goreng ayam dengan minyak banyak dan pastikan suhunya 160 derajat celsius. Goreng ayam selama kurang lebih 12 menit atau hingga matang sempurna dan warnanya cokelat keemasan. Ketika sudah matang, jangan lupa tiriskan ayam agar tidak terlalu berminyak.


 Goreng dengan cara Deep Fry

Selain itu, ayam goreng tepung digoreng di peralatan deep-fry. Deep Fry adalah cara masak dengan minyak goreng yang banyak dan panas sehingga seluruh ayam goreng tepung terendam di dalamnya. Cara masak ini membuat kulit ayam renyah dan dagingnya matang dengan cepat serta merata. Kalau mau mencoba teknik memasak ini, Ibu bisa pakai panci berdiameter kecil supaya ayam benar-benar terendam minyak saat dimasak. 

BACA JUGA : Deep Fryer


Bagaimana jika tidak ada bisa deep fry ?Gunakan Cara Double-Fry
Jika ragu dan tidak punya peralatan mencoba metode deep-fry, mungkin bisa coba cara masak double-fry. Caranya, goreng ayam dengan minyak segar hingga setengah matang. Lalu, tiriskan selama 30-60 detik, dan lanjut goreng kembali hingga matang. Dengan begitu, ayam goreng tepung bisa matang merata dan renyah.

Admin