Senin, 23 Januari 2023

Suka Konsumsi Daging Ayam Broiler ? Cek 4 Kelebihan Konsumsi Daging Ayam Broiler

Ayam broiler atau biasa disebut ayam pedaging adalah jenis ayam yang direkayasa mampu tumbuh cepat sehingga dapat menghasilkan daging dalam waktu relatif singkat (5-7 minggu). Karena pertumbuhannya sangat effisien, ayam broiler menjadi salah satu sumber protein yang banyak dikonsumsi saat ini. Sebagai ras yang diternakkan dengan tujuan dikonsumsi dagingnya, ayam broiler tidak hanya memiliki daging yang lebih tebal sehingga menjadi poin plus dibanding ayam jenis lain, melainkan juga memiliki kandungan yang memberikan manfaat bila dikonsumsi.  Berikut 4 di antara kelebihan ayam broiler untuk dikonsumsi.


1. Pelengkap Hidangan Gizi Seimbang

Daging ayam broiler menjadi pilihan tepat dan lezat untuk melengkapi gizi seimbang dengan kandungan lemak hewaninya. Lemak hewani berfungsi sebagai cadangan makanan dan penambah energi bagi tubuh.  Fungsi lain lemak yaitu menghangatkan tubuh juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi ayam broiler.

2.Kaya zat besi

Zat besi yang terkandung dalam daging ayam akan membantu menghindari anemia atau kekurangan darah.  Seperti yang mungkin sudah diketahui secara luas, zat besi merupakan komponen penting dalam siklus produksi sel darah merah dalam tubuh, sehingga mengonsumsi makanan yang dapat memasok zat besi merupakan pilihan baik untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan darah.

3. Cocok Dikonsumsi Untuk Yang Ingin Menjaga Atau Menambah Massa Otot

Protein melimpah dari tebalnya daging ayam broiler menjadikannya pilihan tepat bagi siapapun yang sedang dalam proses membentuk otot. Protein amat berperan dalam pembentukan masa otot terutama bila dibarengi dengan olahraga yang sesuai. Cara pengolahan daging ayam yang tepat akan menjadikan peran ini lebih maksimal.

4. Termasuk Makanan Pereda Stres

Secara umum, cokelat mungkin lebih dikenal sebagai makanan penghilang stress. Namun daging ayam broiler juga memiliki manfaat yang sama melalui kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat. Vitamin ini bekerja dalam pembentukan hormon untuk meredakan stres. Kandungan vitamin B5 per 6 ons daging dada ayam  bisa mencapai 2,7 mg atau 54 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B5 harian. Daging ayam broiler yang lebih banyak tentunya memasok vitamin B5 yang lebih banyak pula.

Demikian beberapa hal yang membuat daging ayam broiler menjadi salah pelengkap menu hidangan harian. Namun, meski memiliki banyak kelebihan, pengolahan daging ayam broiler tetap harus diperhatikan.

BACA JUGA :
Apakah Ayam Broiler Aman Dikonsumsi ?
Pengertian Karkas Ayam Dan Strategi Menjalankan Bisnis Daging Ayam


Pastikan untuk mendapatkan manfaat penuh dari daging ayam broiler dengan melakukan metode pengolahan yang tepat seperti tidak mencuci daging ayam mentah sebelum dimasak untuk menghindari penyebaran bakteri ke dalam daging, memasak dengan suhu minimal 74 derajat Celcius. dengan durasi yang tepat, menyimpan daging mentahnya di dalam freezer, dan juga memperhatikan kebersihan tangan juga peralatan yang digunakan untuk mengolah daging ayam.

Admin