Sabtu, 28 April 2018

Peralatan Untuk Rumah Potong Ayam 300 ekor/jam

Banyak yang menanyakan kebutuhan peralatan rumah potong ayam kapasitas 300 ekor ayam/jam. Pada website ini jika anda melihat di daftar produk di sebelah kanan, semuanya tertera. Tapi tentu saja banyak pertanyaan, apakah memang perlu penggunaan conveyor untuk jumlah pemotongan yang sehari barangkali mencapai 1000 - 1500 ekor. Jawabannya tentu saja tidak wajib. Menurut FAO, disarankan penggunaan konveyor pada rumah potong ayam jika diproses unggas/ayam lebih dari 300 ekor/jam.


Praktik di lapangan  banyak rumah potong ayam yang melakukan produksi karkas secara manual dalam jumlah besar  bahkan sehari mampu melakukan proses 6000 ekor per hari. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan tenaga kerja terampil, jumlah enaga kerja yang dibutuhkan cukup banyak. Selain itu, sudah rahasia umum trik produksi karkas yang dilakukan di lantai atau pengerjaan karkas di lantai yang sudah tentu tidak hiegenis karena banyak bercak darah, dan sepatu para pekerja yang kotor.

Proses daging yang lebih hiegenis coba diatur lewat SNI rumah potong ayam, dimana karkas tidak boleh dikerjakan di lantai.  Untuk itu kami coba desain peralatan rpa kapasitas 300 ekor sudah dilengkapi dengan konveyor. Tentu saja, biaya investasi akan lebih mahal dibanding dengan cara manual.

 Sebagai referensi jika anda ingin membuat rumah potong ayam, bisa dilihat salah satu desain penempatan peralatan rumah potong ayam untuk kapasitas 300 ekor / jam sampai dengan 500 ekor / jam , diluar peralatan pengolahan limbah  dan pengolahan dingin.

rumah potong ayam
Contoh gambar penempatan peralatan RPA 300 ekor/jam


Keterangan peralatan pada gambar :
1. Stunner area untuk pemingsanan
2. Bak penampungan tirisan darah
3. Scalder (perebusan)
4. Plucker drum untuk pencabutan bulu ayam
5. Jalur Conveyor


Jika membutuhkan peralatan rumah potong ayam bisa kontak :
Teknovasi Sukses Mandiri
Office :
Jln. Brigjend Saptaji Hadiprawira No. 76
Kelurahan Cilendek Barat, Kec. Bogor Barat
Kota Bogor- Jawa Barat
Telepon : 0251-8375989
E-mail : teknovasimandiri@gmail.com
               sales@teknovasimandiri.com





Admin