Selasa, 13 September 2022

Pengertian Karkas Ayam Dan Strategi Menjalankan Bisnis Daging Ayam

Untuk membedakan ayam yang sudah diproses, di industri daging disebut dengan karkas ayam.  Karena ketika menyebut ayam, akan ambigu apakah sedang membicarakan ayam yang masih hidup atau sudah siap diproses untuk diolah.

Arti karkas Ayam

Pengertian karkas ayam itu sendiri adalah ayam yang sudah dibului, dipotong kepala dan kakinya, serta dibersihkan jeroannya. Ayam inilah yang dijual untuk siap diolah menjadi berbagai macam masakan. 

karkas ayam



Kadang disebut juga daging. Tapi masih ada perbedaan pengertian daging dan karka, yang terletak pada kandungan tulangnya. Daging biasanya sudah tidak memiliki tulang, sedangkan karkas adalah daging yang belum dipisahkan dari tulangnya 

Meski demikian tidak boleh sembarangan dalam membeli daging. Mengingat perputaran jual beli karkas ayam cukup tinggi, ada pula pihak pihak yang tidak bertanggung jawab dan mencoba mengelabui konsumen. Hasilnya adalah karkas ayam yang tidak layak konsumsi atau berbahaya dikonsumsi.

Beberapa kasus, ada yang mengawetkan karkas ayam dengan bahan berbahaya atau ayam pedaging dipelihara dengan cara yang tidak baik agar menekan biaya perawatan. Ada baiknya diberikan betul tempat pemotongan atau peternakan yang memproduksi karkas ayam.


Strategi Usaha Jual Daging Ayam

Karkas ayam atau ayam potong hampir dipastikan selalu tersedia baik di pasar tradisional maupun supermarket. Dengan didukung oleh perkembangan banyak restoran dan rumah makan baru, permintaan karkas ayam pun mengalami kenaikan, dan ini merupakan angin segar bagi bisnis karkas ayam. Perkembangan bisnis makanan yang meningkat menjadikan bisnis karkas ayam sebagai bisnis yang menjanjikan. Agar usaha karkas ayam bisa sukses diperlukan juga strategi dalam berbisnis seperti berikut ini.

Jaminan Kesehatan Karkas Ayam Melalui Kerjasama dengan Dinas Kesehatan

Agar ayam yang dijual kebal terhadap virus mematikan seperti flu burung atau penyakit tetelo, pemeriksaan kesehatan ayam sangat diperlukan untuk menjamin bisnis karkas ayam tetap sehat. Ayam harus diberikan vaksin secara rutin untuk menghindari ayam mati karena penyakit. Jika ayam yang berpenyakit ini disembelih dan karkas ayamnya dijual, maka otomatis manusia yang mengonsumsi karkas ayam tersebut juga akan terganggu kesehatannya.

Dalam bisnis karkas ayam, kerjasama dengan dinas kesehatan penting untuk mendapatkan informasi dan penyuluhan mengenai vaksin ayam atau unggas. Dengan menjalin kerjasama dengan dinas kesehatan, bisnis karkas ayam juga akan mendukung program pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat.

Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Ada 2 jenis konsumen dari karkas ayam. Pertama, konsumen yang ingin karkas ayam segar, dan kedua adalah konsumen yang membutuhkan karkas ayam beku.

Karkas ayam segar berarti ayam disembelih di hari yang sama dengan penjualan. Beberapa lokasi di Indonesia, bahkan ada yang disembeli di depan pembeli. Proses rebus, pembersihan bulu, bersihan jeroan, hingga potong dilakukan di tempat itu juga.

Di banyak tempat yang sudah melakukan pembatasan, pemotongan harus di rumah potong hewan, lalu dibawa ke pasar. Karkas umumnya hanya diberikan es sedikit saja, atau hanya diberikan air dingin saja. Karena itu jenis karkas ayam in harus habis segera.

Konsumen yang membutuhkan ayam beku umumnya dari rumah makan / restoran. Ayam sebelum akan diproses akan mengalami proses pencairan atau biasa disebut "thawing".

Yang pasti, pihak mana pun yang menjadi konsumen Anda, jika hubungan baik selalu dipelihara, maka bisnis karkas ayam pun bisa berjalan dengan lancar.

Pastikan karkas ayam yang didistribusikan adalah karkas ayam dengan kualitas dalam keadaan baik. Tentu saja standar keduanya berbeda, sesuaikanlah dengan standar konsumen Anda.

Survey Harga Pasaran untuk Karkas Ayam

Pelanggan biasanya memburu penjual karkas ayam dengan harga murah dengan kualitas baik. Untuk menetapkan harga jual karkas ayam diperlukan survey harga ayam potong dari berbagai pasar. Dengan begini bisnis karkas ayam bisa menetapklan harga jual sesuai standard pasar.

Siklus harga ayam potong mungkin berubah-ubah, namun lebih baik menjual dengan harga sedikit lebih murah tapi ayam laris di pasar sehingga bisa mencapai target penjualan bisnis ayam karkas.

Ikut Perkumpulan Peternak Ayam

Informasi perawatan ayam yang benar dan strategi pemasaran sukses bisa didapat dari komunitas perkumpulan peternak ayam. Selain mendapatkan informasi, relasi baru juga mudah didapat melalui komunitas ini dan bisa diajak kerjasama bisnis karkas ayam. Dengan bertambahnya ilmu dan relasi baru, maka bisnis karkas ayam pun akan berkembang pesat.

Jaga Selalu Kualitas Karkas Ayam Dengan Komunikasi Kepada Pihak Peternak

Karkas ayam yang baik didapat dari ayam yang diternak dengan perawatan yang baik. Cek kebersihan dan kesehatan kandang dan juga suhu di dalam kandang, dan komunikasian hal ini. Ayam tidak boleh stress ataupun kedinginan dan kepanasan karena perubahan suhu lingkungan.

Pemberian pakan dan vaksin secara teratur juga turut membantu menjaga kualitas ayam potong. Pakan ayam dengan nutrisi seimbang akan menjadikan ayam sehat dan kuat serta lebih produktif. Vaksin yang diberikan secara rutin juga akan membantu ayam untuk melawan bakteri serta virus penyebab penyakit berbahaya. Ayam yang dirawat dan dipelihara dengan baik akan menghasilkan produk peternakan ayam dengan kualitas baik pula.

Admin