Sabtu, 20 Agustus 2022

Saudara Dekat Tyrannosaurus Rex – Buaya atau Ayam?

Judul artikel ini adalah salah satu pertanyaan di mana jawaban yang umumnya dijawab salah. Kenapa? Karena banyak yang akan menyebut buaya.  Faktanya adalah bahwa T.Rex, dalam istilah evolusi, terkait erat dengan ayam. Burung-burung turunan dari dinosaurus – sedangkan reptil berdarah dingin, termasuk buaya, berada di cabang evolusioner yang jauh lebih kuno.

hubungan antara ayam dan dinosaurus

Ayam adalah dinosaurus T.Rex?

Bukti ilmiah berasal dari sebuah penelitian di mana urutan asam amino dari kolagen T. Rex dibandingkan dengan berbagai spesies modern. Itu terbukti lebih mirip dengan ayam daripada makhluk lain yang hidup hari ini.

Penelitian dari Keilmuan Biologi di University of Kent, Inggris yang melibatkan 200 ilmuwan, 80 lembaga, dan 20 negara pernah meneliti genom, set haploid kromosom dalam mikroorganisme, pada 21 ekor burung yang melengkapi set gennya.

"Genom burung sangat istimewa, mereka punya mikro kromosom yang sangat kecil ketimbang kelompok vertebrata lainnya. Balutan kecil dari material gen yang kaya ini juga ternyata hadir di nenek moyang dinosaurus mereka," ucap pemimpin tim penelitian, Darren Griffin.

Para peneliti yang tergabung dalam studi internasional bernama Avian Phylogenomics Consortium, menemukan bahwa ayam memiliki pola kromosom yang secara keseluruhan mirip dengan leluhur dinosaurus burung.
Berhubungan dengan T-Rex?

Sementara itu, dalam penelitian yang dipimpin oleh John M. Asara dan Lewis C. Cantley, dari Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC) dan Harvard Medical School (HMS), telah mengurutkan potongan kecil protein kolagen dari T-ex. Tujuan penelitian ini untuk menempatkan T-Rex pada pohon keluarga kerajaan hewan menggunakan bukti molekuler.

"Sebagian besar urutan kolagen diperoleh dari database protein dan genom tetapi kami juga perlu mengurutkan beberapa organisme penting, termasuk buaya modern dan burung unta modern, dengan spektrometri massa," kata Asara, Direktur Fasilitas Inti Spektrometri Massa di BIDMC dan instruktur di patologi di HMS.

"Kami menentukan bahwa T-Rex, pada kenyataannya, dikelompokkan dengan burung-burung unta dan ayam dibanding mengelompokkan dengan organisme lain yang kami pelajari. Kami juga menunjukkan bahwa ia berkelompok lebih baik dengan burung daripada reptil modern, seperti aligator dan kadal anole hijau," tuturnya.

Jadi, apakah ayam termasuk dinosaurus?

Tidak – burung adalah kelompok hewan yang berbeda, tetapi mereka memang keturunan dinosaurus, dan tidak terlalu banyak fakta untuk menyebut mereka dinosaurus modern.

Selain itu ada banyak kesamaan antara kedua jenis hewan, sebagian besar berkaitan dengan struktur tulang. Tampaknya juga banyak dinosaurus memiliki bulu – bukan untuk terbang, tetapi sebagai sisik yang disesuaikan, untuk membantu dalam pengaturan panas, dan/atau untuk membantu dalam penampilan saat merayu lawan jenis, seperti pada burung modern.

Admin