Dripping / Meniriskan Air Karkas di Rumah Potong Ayam

Saat proses produksi karkas ayam di rumah potong ayam ada proses perebusan, penyiraman (untuk pembersihan karkas) baik sistem jet spray atau celup biasa, perendaman dingin (baik sistem rendam biasa, immersion, maupun chiller rotation), semuanya membuat karkas bersentuhan langsung dengan air. Efeknya terdapat banyak air pada karkas. Jumlah kadar air pada karkas harus dikurangi untuk menjaga kualitas karkas, karena terlalu banyak kandungan air membuat daging mudah rusak tercemar bakteri. Untuk mengurangi kadar air maka harus dilakukan penirisan air pada karkas /dripping. 


Ada beberapa metode penirisan air pada karkas :
1. Meja peniris
Karkas diletakkan di meja peniris dengan bentuk bak dimana, bak tersebut terbuat dari bak pelat perforasi, sehingga air bisa mengalir ke bawah. Kami memproduksi meja peniris dengan rangka stainless steel dan pelat perforasi stainless steel sus 304 tebal 1 mm dan lubang diameter 5 mm.  Pemakaian meja peniris cocok untuk produksi rumah potong ayam kapasitas kecil, dan paling banyak untuk rpa kapasitas  500 ekor/jam.
bak peniris air pada daging ayam
Bak Peniris Karkas/ Meja Peniris Karkas
2. Rotary Dripping / Dripping Drum
Karkas yang mengandung air dimasukkan ke dalam mesin rotary dripping. Di dalam, karkas akan diputar sehingga air akan berkurang jumlahnya. Rotary driping yang kami produksi menggunakan bahan stainless steel sus 304 untuk setiap bahan yang bersentunhan dengan karkas.

mesin peniris karkas - dripping drum
Mesin Drip - Putar
Air hasil penirisan sudah langsung ditampung di bawah, sehingga saat proses penirisan air tidak berceceran. Bisa pula dikombinasi dengan pendingin udara supaya kondisi karkas tetap dingin. Saat ini dengan mesin panjang 4500 mm, sudah mampu meniriskan 2000-3000 ekor ayam/jam.

3. Conveyor Dripping
Karkas digantung kembali ke atas conveyor, hanya saja shacklenya berbeda.  Ada beberapa jenis shackle untuk dripping conveyor, namun akan di bawah lain waktu. Metode sama saja seperti conveyor rumah potong ayam, menggunakan trolley, dan digerakkan oleh dinamo gearbox. Saat karkas digantung selama beberapa waktu,  diharapkan air pada karkas sudah berkurang dan siapa untuk dipacking. Penggunaan conveyor untuk dripping disarankan untuk rumah potong ayam dengan kapasitas lebih dari 3000 ekor /jam .

alat rumah potong ayam
Metode penirisan dengan conveyor dripping

Penggunaan conveyor dripping disarankan sekaligus dengan udara pendingin / air chiller untuk menjaga temperatur karkas tetap dingin.