Jokowi Siapkan Tiga Lokasi Baru Rumah Potong Ayam


 Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan pihaknya tidak akan memindahkan Rumah Potong Hewan (RPH) keluar Jakarta. Solusi yang ia ambil yakni penyatuan RPH yang selama ini menyebar di tiga wilayah.
"Tetap di lingkungan mereka. Kami beri lahan untuk jadi satu di tiga lokasi," ujar Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Rabu (16/10/2013).
Namun, Jokowi enggan menyebutkan tiga lokasi yang sedang direncanakan tersebut. Wacana menyatukan mereka ke dalam satu wadah yaitu agar mereka mendapatkan tempat yang layak.
"Iya, nanti dibuatkan tempat pemotongan ayam yang higienis bersih, ada ipalnya, sehingga nyembelih disitu. Sekarang kan setiap rumah semua kalau ada yang sakit ayamnya kan bahaya," ucap Jokowi.
Seperti diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI berencana merelokasi sebuah Rumah Potong Hewan (RPH) ke Jalan H Sabeni, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.
RPH itu akan dipindahkan ke luar Jakarta. "Konsep yang berjalan ke depan, tidak ada lagi pemotongan di Jakarta," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama, Senin 12 Agustus 2013.
Ahok menjelaskan pemindahan tersebut atas dasar Peraturan Daerah yang mengatakan bahwa tidak boleh ada RPH di dalam kota. "Kenapa Jakarta masih begitu serakah, bagikan saja pada Bekasi, Tangerang atau Bogor," ucapnya.

Dikutip dari TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  tanggal 16 Oktober 2013